Danau Toba yang Menakjubkan

Danau Toba yang Menakjubkan

Sekilas tentang Danau Toba

Jika Anda berniat liburan ke Pulau Sumatra, maka salah satu tempat liburan yang patut dikunjungi adalah Danau Toba, yang terletak di Sumatra Utara. Menurut sejarah, ribuan tahun yang lalu danau vulkanik ini terbentuk akibat letusan Gunung Toba. Akibatnya, terbentuklah kawah raksasa. Seiring waktu, air mulai menggenangi kawah ini hingga terbentuklah danau seperti sekarang ini. Adanya tekanan magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir di tengah danau.

Danau Toba ini memiliki panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer. Sekilas, danau vulkanik ini terlihat seperti lautan. Tidak mengherankan jika danau ini dinobatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dengan luas 1,145 kilometer persegi. Dengan kedalaman 450 meter, maka tidaklah mengherankan jika Danau Toba merupakan danau terdalam di dunia. Ada banyak pengalaman menarik yang bisa Anda jumpai disini, diantaranya wisata alam dan wisata sejarah. Hal pertama yang Anda saksikan ketika menginjakkan kaki di Danau Toba adalah suasana sejuk, hamparan air jernih nan biru, dan pemandangan pegunungan hijau yang mempesona.

Village Batak

Kegiatan Menarik di Danau Toba

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Danau Toba ini, mulai dari bersepeda, mendaki gunung, berenang, bermain jetski atau banana boat dan berperahu layar sambil menikmati pemandangan gunung yang indah. Udara di daerah ini sangat sejuk dan bersih sehingga Anda akan merasa begitu segar. Keindahan matahari terbit dari pesisir danau bisa Anda nikmati di pagi hari. Sementara di malam hari, suasana yang begitu mengasyikan di danau bisa Anda rasakan, dengan adanya hiasan lampu-lampu yang menghias banyak hotel. Angin dingin begitu terasa serta musik terdengar dengan jelas dari hotel-hotel di sekitar danau.

[custom-post-type term=”north-sumatra:all” taxonomy=”ait-dir-item-location:all” number=”5″ display=”grid” thumb=”100″ featured=”undefined”][custom-post-type term=”north-sumatra:all” taxonomy=”ait-dir-item-location:all” number=”5″ display=”grid” thumb=”100″ featured=”undefined”]

Anda bisa melihat hutan pinus yang tertata dengan asri dan air terjun yang mempesona di sekitar Danau Toba. Selain itu, Anda bisa melihat sebuah daratan yang bentuknya seperti punggung seekor unta. Itulah mengapa tempat ini dinamakan Tanjung Unta. Pemandangan indah lainnya adalah adanya tempat pemandian air belerang. Masyarakat setempat percaya bahwa tempat pemandian ini bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit. Jika Anda ingin mengunjugi Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Anda bisa berlayar dengan kapal sewaan. Ada 2 danau yang berada di Pulau Samosir. Danau-danau itu adalah Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.

Mt. Pusuk Buhit

Mengapa banyak orang lebih memilih menginap di Pulau Samosir? Pulau Samosir, yang memiliki luas hampir sama dengan Singapura ini, merupakan tempat tinggal Suku Batak Samosir. Mereka masih memegang teguh kepercayaan leluhur, dengan melakukan berbagai ritual yang biasa dilakukan nenek moyang terdahulu. Ada beberapa wisata sejarah yang bisa Anda lakukan di Pulau Samosir ini. Salah satunya adalah mengunjungi kompleks pemakaman para raja di Tomok. Supaya Anda bisa melihat makam-makam ini, Anda harus memakai kain ulos yang sudah disiapkan. Makam raja yang paling terkenal adalah makam Raja Sidabutar. Mengapa makam Raja Sidabutar begitu terkenal? Karena beliau adalah orang pertama yang mendiami Tomok. Makam beliau terbuat dari batu besar tanpa sambungan dihiasi ukiran wajah sang raja. Usia makam ini sudah berusia 500 tahun. Selain makam Raja Sidabutar, terdapat makam-makam dua raja penerusnya dan beberapa anggota kerajaan lainnya.

Tempat bersejarah yang patut Anda kunjungi adalah Museum Huta Bolon di Simanindo. Anda bisa melihat rumah adat Batak Simanindo, yang merupakan peninggalan Raja Sidauruk. Anda pun bisa melihat koleksi lainnya seperti pakaian adat, kain ulos dan peti mati. Peti mati ini berisi boneka Sigale-gale. Boneka yang terkenal di Suku Batak ini merupakan patung yang bisa menari. Setelah puas mengunjungi museum Huta Bolon, jangan lewatkan untuk melihat Batu Persidangan di Desa Ambarita. Batu Persidangan adalah batu yang berbentuk seperti meja. Dahulu kala, batu ini digunakan untuk mengeksekusi para tahanan. Mereka yang terbukti melakukan kejahatan, entah itu pembunuhan, pencurian dan pemerkosaan akan dihukum pancung di meja ini.

Setelah Anda puas mengunjungi tempat-tempat bersejarah tadi, saatnya Anda memilih oleh-oleh khas Danau Toba. Ada banyak alternatif oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang seperti kain ulos, gitar khas Batak dari kayu, kaos, gantungan kunci, aksesoris seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak dan oleh-oleh lainnya. Tempat lain untuk berbelanja adalah pasar tradisional yang digelar dua kali dalam seminggu. Di tempat ini, Anda harus bisa menawar barang pilihan Anda dengan harga murah. Nah, setelah semua informasi liburan ini sudah Anda dapatkan, sudah siapkah Anda untuk berlibur ke Danau Toba?

Tags:, ,

Post Discussion

Be the first to comment “Danau Toba yang Menakjubkan”

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Subscribe to the mySumatra mailing list

* indicates required




Subscribe!